Selasa, 14 Oktober 2008

Check google page rank blogmu

Siapa yang tidak tahu mesin pencari yang satu ini, Google merupakan salah satu mesin pencari yang paling terkenal dan paling bagus yang ada di planet ini. Kita dapat membayangkan bila saja kita tidak mengenal apa itu emsin pencari seperti google. Pasti pekerjaan kita untuk mencari informasi apapun di jagat internet akan terasa sangatlah susah dan sangat membosankan.
Hampir dapat dipastikan semua orang yang mempunyai blog, akan mendaftarkan blognya tersebut ke google, hal ini dikarenakan. Bila kita sudah mendaftarkan blog kita ke berbagai macam mesin pencari apalagi mesin pencari seperti google. Maka secara otomatis blog kita akan dapat lebih mudah ditemukan di jagat internet.
Sebagai contoh, teman-teman bisa mengetikkan kata "laut biruku" di google untuk menemukan blog saya ini. Nah hal yang paling menyenangkan adalah ketika blog kita berada dalam posisi paling atas dalam setiap kali google keywords yang dimasukkan user.
Nah ini lah yang disebut dengan Goole page rank. Hal yang sangat penting untuk para blogger untuk mengetahui bagaimana si peringkat blognya di google. Nah bagi teman-teman yang ingin tahu bagaimana posisi blog nya di google bisa menggunakan tool yan satu berikut ini :
Check Page Rank of any web site pages instantly:



This free page rank checking tool is powered by Page Rank Checker service

Baca Selengkapnya ya...

Peraturan tentang penggunaan alat penangkapan ikan jaring ingsang (Gill Net) di ZEEI

Berikut adalah peraturan yang membahas tentang penggunaan sebuah alat tangkap ikan di Indonesia, aturan tersebut adalah “Peraturan Menteri kelautan dan perikanan Republik Indonesia nomor PER.08/MEN/2008 tentang penggunaan alat penangkapan ikan jarring insang (gill net) di zona ekonomi eklusif Indonesia” untuk lebih jelasnya dapat dilihat DISINI
Baca Selengkapnya ya...

Merubah Document PowerPoint menjadi Video

DVD / VCD sebagai Media Alternatif dalam Presentasi

Pernahkah anda kesulitan ingin mempresentasikan makalah, materi, atau produk anda dengan powerpoint karena tidak ada komputer / notebook ? Mungkin anda telah bersusah payah membuat bahan presentasi dengan powerpoint, tetapi tidak bisa ditampilkan karena tidak ada komputer / notebook atau infocus / proyektor.
Untuk dapat menampilkan bahan presentasi dengan powerpoint, minimal membutuhkan komputer / notebook, dan infocus. Keduanya mutlak dan sangat jarang disediakan ditempat kerja, kantor, atau sekolah. Hal ini disebabkan oleh karena masih mahalnya hardware tersebut. Tetapi TV dan VCD / DVD player lebih sering kita jumpai ditempat-tempat kerja, kantor atau sekolah. Sekarang, pernahkah terpikirkan untuk mempresentasikan pada sebuah TV dengan VCD / DVD player ?
Merubah presentasi powerpoint menjadi VCD / DVD bisa dilakukan dengan salah satu trik berikut ini, namun perlu diketahui semua trik - trik ini memiliki kekurangan dan kelebihan jadi pilih yang sesuai dengan kemampuan anda :
Pertama, dengan bantuan VCR / Camera Video. Trik yang ini tentu memerlukan modal yang sangat besar, memang kualitas bagus. Anda cukup mengarahkan camera tersebut tepat pada monitor dan menghubungkan kabel audio dengan line out dari speaker agar kualitas suara lebih baik, kemudian diedit dan dikonvert menjadi DVD / VCD.
Kedua, menggunakan software screen recording seperti Camtasia Studio dari TechSmith, cara ini lebih hemat dari cara yang pertama. Software ini merekam semua aktivitas yang ditampilkan pada layar monitor, gerakan cursor mouse hingga sound effect. Caranya cukup mudah seperti menggunakan trik kamera video. Anda dapat mendownload sofware ini versi trial-nya pada http://www.techsmith.com/download/ studiofreetrial1.asp. Setelah itu hasil rekamannya diedit dan dikovert menjadi DVD / VCD dengan sofware pembakar seperti Nero.
Ketiga, menampilkan dalam bentuk VCD / Picture Slide Show. Bentuknya hanya sebatas menampilkan gambar-gambar, seperti presentasi dengan slide proyektor. Keuntungannya pemprosesannya sederhana, mudah, cepat dan gratis.

Kekurangan trik ini adalah animasi dan suara yang anda dibuat pada powerpoint hilang, tidak ada efek-efek animasi yang ditampilkan, serta suara – suara efek animasi pun hilang,.Cara trik ini sebagai berikut:
  • Buka file powerpoint (.PPT, .PPS, dll) yang ingin anda inginkan.
  • Kemudian simpan file tersebut dalam format pictures (.BMP, .JPG, .TIFF, .GIF, .PNG, atau .WMF). Dengan cara klik File  Save As  pilih Save as type dengan salah satu format picture, misalnya .BMP. tekan Enter atau klik Save. (sebaiknya disimpan dalam satu folder baru, misal Image)
  • pilih Every Slide untuk menyimpan semua slide dalam format .BMP.
  • kemudian akan muncul informasi dimana slide-slide tersebut telah disimpan. Klik OK atau tekan Enter.
  • Buat file-file tersebut menjadi VCD dengan software pembakar seperti Nero Burning ROM.
  • buat New Compilation  Video CD  klik New. Drag file- file bmp tadi ke vcd compilation. .Kemudian klik Burning Compilation  Burn.

Pada trik ini sebaiknya menggunakan format .TIFF atau .BMP agar kualitas gambar baik tanpa kompresi, dan lagi pula nantinya akan disimpan pada media CD yang kapasitasnya cukup besar (650MB), kira-kira dapat memuat 300 slide.Dengan demikian sebenarnya bisa dibuat format DVD pada keping CD agar kualitasnya lebih tajam, tidak buram.


Trik ini pun bisa diberikan sound effect atau music pengiring, setelah langkah 4 dilakukan langsung gambar-gambar tersebut diedit dengan Windows Movie Maker. Import (Crtl+I) gambar-gambar slide tadi serta sound effect koleksi anda. dan drag silde secara berurutan ke kotak-kotak StoryBoard dibawah. Kemudian rubah storyboard menjadi timeline dengan menekan icon timeline pada pojok kiri atas dari storyboard. Lalu drag file sound effect pada bar bagian suara (dibawah timeline), atau bisa juga anda rekam suara anda untuk menjelaskan silde tersebut dangan menekan icon mic. Atur waktu tayang tiap slide, sesuaikan dengan suara atau narasi anda. Setelah selesai simapan dalam format video dengan mengklik Save Movie (Ctrl+M), pilih High Quality, atau other dan pilih DV-AVI NTSC. Buat dan konver dalam VCD dengan software pembakar seperti langkah 6.
Keempat, dengan bantuan Software PowerPoint to DVD. Trik yang keempat ini sangat mudah namun mahal, memang kualitas bagus dan proses cepat. Ada beberapa software yang kita bisa cari dengan search engine dan di download versi trialnya. Salah satunya PowerPoint DVD Maker Ver1.5. Bisa anda download freetrialnya pada http://www.topshareware.com/PowerPoint-DVD-Maker-download-14502.htm, software ini bersifat shareware, harganya $149 atau Rp1.415.500,- bila kurs dolar Rp 9500,-. Dan selain itu memerlukan hardware DVDRW. Mudah dalam pengoperasiannya karena anda cukup mengikuti dalam 3 langkah mudah, dokumen powerpoint anda sudah jadi dalam bentuk DVD. Langkah pertama masukkan file-file dokumen PowerPoint (.Ptt), kedua membuat main menu hanya dengan memilih template yang telah disediakan, dan terakhir pilih DVDRW serta klik tombol Make DVD. Cukup mudah bukan? .


Dari ke empat cara ini memiliki kelebihan dan kekurangan, jadi sebaikkanya pilih yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan anda. Semoga tulisan ini bisa menjadi solusi lain dalam presentasi dan selamat mencoba!

> Baca Selengkapnya ya...

Alat tangkap long line

PENANGKAPAN IKAN DENGAN LONG LINE


Long line terdiri dari rangkaian tali utama ,tali pelampung dimana pada tali utama pada jarak tertentu terdapat beberapa tali cabang yang pendek dan lebih kecil dia meternya, dan diujung tali cabang ini diikat pancing yang berumpan. Ada beberapa jenis long line. Ada yang dipasang didasar perairan serta tetap dalam jangka waktu tertentu dikenal dengan nama rawai tetap atau bottom long line atau set long line yang biaanya digunakan untuk menangkap ikan ikan demarsal .ada juga rawai yang hanyut yang biasa disebut degan dript long line, biasanya digunakan untuk menangkap ikan-ikan pelagis .yang paling terkenal adalah tuna long line atau disebut juga dengan rawai tuna,.walaupun dalam kenyataannya bahwa hasil tangkapnnya bukan bukan ikan tuna tetapi juga jenis0jenis ikan lain seperti layaran ,ikan hiu dan lain-lain. Secara perinsip rawai tuna sama seperti rawai-rawai lainnya,namun mengingat faktor biologi ikan sasaran ,tekhnik pengoperasian alat,komponent alat bantu ,kapal yang tersedia, maka dilakukan berbagai penyesuaian.bahan tali pancing terbuat dri bahan monofilament(PA) atau multifilamant (PES seperti terylene, Pva seperti kuralon atau PA seperti nylon).perbedaan pemakaian bahan ini akan mepengaruhi line hauler yang diperlukan.beberapa perbedan dari kedua jenis bahan tersebut dipandang dari segi teknis adalah sebagai berikut.

  • Bahan multifilament lebih berat dan mahal dibandingkan dengan monofilament, lebih mudah dirakit,dan lebih sesuai untuk kapal-kapal kecil.
  • Bahan multifilamant lebih mudah ditangani dan lebih tahan lama.karena itu,dalam jangka panjang rawai multifilament harganya relatif lebih rendah.
  • Karena lebih kecil, halus, dan transparan maka pemakaian monfilament dinilai akan memberi hasil tangkapan lebih baik dari multifilament.

Dilihat dari segi kedalaman operasi (fishing depth) rawai tuna dibagi dua yaitu bersifat dangkal dan yang bersifat dalam yang pancingnya berada pada kedalaman 100-300m. Perbedaan kedua jenis ini disebabkan pada tipe dangkal satu basket rawai diberi sekitar 5 pancing sedangkan pada tipe dalam diberi 11-13 pancing sehingga lengkungan tali utama, menjadi lebih dalam. Dalam beberapa sifat dari kedua tipe ini adalah :

  • Rawai tipe dalam memerlukan line hauler yang lebih kuat dibanding tipe dekat permukan.
  • Rawai tipe dalam menangkap jenis big eye yang lebih banyak ( sehingga nilai produksinya lebih baik )dibanding tipe permukaan.tuna yang tertangkap dengan rawai dangkal didominasi oleh yellowfin tuna yang harganya lebih rendah dibandingkan dengan big eye.Pelepasan pancing (setting) dilakukan menurut garis serong atau tegak lurus pada arus.waktu melepas pancing biasanya dini hari tergantung jumlah basket yang akan dipasang karena diharapkan setting selesai pada pagi hari jam 07.00 saat ikan giat cari mangsa.akan tetapi pengoperasian siang hari pun bisa dilakukan .namun akibatnya penarikan pancing (hauling )jatuh pada waktu sore hari.

Umpan yang umum dipakai adalah jenis ikan yang mempunyai sisik mengkilat,tidak cepat busuk,dan rangka tulangnya kuat sehingga tidak mudah lepas dari pancing bila tidak di sambar ikan.beberapa jenis diantaranya adalah bandeng,saury,tawes, kembung,layang, dan cumi-cumi.panjang umpan berkisar antara 15-20 cm, dengan berat 80-150 gram.cumi0cumi kecil masih dapat dipakai asalkan digabung (dijahit) beberapa ekor sehingga menjadi cukup besar.umpan ini harus berasal dari ikan-ikan yang benar-benar segar dan dilakukan dengan baik agar tahan dalam waktu yang lama.

Bagian-bagian dari tuna long line

Seperti alat penangkap lainnya ,satu unit long line terdiri dari kapl yang dirancang khusus,alat penangkap dan crew.kapal-kapal tuna long line modern bagian belakang dari kapal ini telah dirancang dengan baik untuk mudah operasi dan pengaturan alat penangkap. Tuna long line sendiri pada umumnya terdiri dari : pelampung, bendera, tali pelampung, main line,branch line,pancing wire leader,dan lain-lain.antara pelampung dengan pelampung dihubungkan dengan tali pelampung dan tali utama dimanasepanjan tali utama terpasang beberapa tali cabang.satu rangkaian alat inilah yang disebut dengan satu basket long linejumlah mata pancing pada setiap basket bervariasi.untuk lebih detail pengetahuan tentang alatini kita lihat bagian demi bagian.

1. Pelampung (float)

Pelampung yang digunakan pada long line terdiri dari beberapa jenis yaitu pelampung bola,pelampung bendera,pelampung radio, dan pelampung lampu.warna pelampung harus berbeda atau kontras dengan warna air laut.hal ini dimakasudkan untuk mempermudah mengenalnya darijarak jauh setelah setting.

  • Pelampung bola
    Pelampung bola biasanya terpasang padaujung basket dari alat tangkap.pelampung bola ini terbuat dari bahan sintetic dengan dimeter 35 cm dan ada yang lebih besar.untuk long line dengan jumlah basket 70 maka jumlah pelampung bola yang digunakan adalah 68 buah, pada ujungnya terdapat pipa setinggi 25 cm dan stiker scotlight yang sengat berguna bila alat penangakap tersebut terputus maka mudah menemukannya.untuk melindungi pelampung-pelampung tersebutdari benturan yang dapat menyebabkan pecahnya pelampung tersebut, maka pelampung tersebut dibalut dengan anyaman tali polyehylene dengan diameter 5mm.
  • Pelampung bendera
    Pelampung bendera merupakan pelampung yang pertamakali diturunkan pada waktu setting dilakukan. Biasanya diberi tiang (dari bambu atau bahan lain) yang panjangnya bervariasi sekitar 7 m dan diberi pelampung.supaya tiang ini berdiri tegak maka diberi pemberat.
  • Pelampung lampu
    Pelampung ini biasanya menggunakan balon 5 watt yang sumberlistriknya berasal dari baterai yang terletak pada bagianu ujung atas pipa atau bagian bawah ruang yang kedap air.pelampung ini dipasang pada setiap 15 basket yang diperkirakan hauling pada malam hari.fungsinya adalah untuk penerangan pada malam hari dan memudahkan pencarian basket bila putus.
  • Pelampung radio bouy
    Sebuah radio bouy dilengkapi dengan transmiter yang mempunyai frekuensi tertentu.daerah tranmisinya bisa mencapai 30 mil.jika dalam pengoperasian long line menggunakan radio bouy,maka kapal harus dilengkapi dengan radio direction finder(RDF).peralatan ini berfungsi untuk menunjukan arah lokasi radio bouy dengna tepat pada waktu basket putus.

2. Tali pelampung

Tali pelampung berfungsi untuk mengatur kedalaman dari alat penangkap sesuai dengan yang dikehendaki.tali pelampung ini biasanya terbuat dari bahan kuralon.

3. Tali utama (main line)

Tali utama atau main line adalah bagian dari potongan-potongan tali yang dihubungkan antara satu dengan yang lainsehingga membentuk rangkaian tali yang sangat panjang.tali utama harus cukup kuat karena menanggung beban dari tali cabang dan arikan ikan yang terkait pada mata pancing.pada kedua ujung pada main line dibuat simpul mata. Main line basanya terbuat dari bahan kuralon yang diameternya 0,25 inci atau lebih. Panjang main line tergantung dari panjang dan jumlah branch line,karena setiap penemuan kedua ujung main line merupakan tempat pemasangan branch line.

4. Tali cabang (branch line)

Bahan dari tali cabang biasanya sama dengan tali utama, perbadaanya hanya pada ukuran saja,dimana ukuran tali cabang lebih kecildari tali utama.satu set tali cabang ini terdiri dari tali pangkal, tali cabang utama, wire leader yang berfungsi agar dapatmenahan gesekan pada saat ikan terkait pada pancing, dan pancing yang terbuat dari bahan baja, biasnaya menggunakan pancing no.7 Umpan merupakan bagian yang sangat penting untuk diperhatikan dalam penangkapan ikan dengan tuna long line.ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi umpan pada alat penangkap ini antara lain adalah jenis ikan yang mempunyai sisik mengkilat dengan warna yang menarik sehingga dengan mudah dapat dilihat pada jarak yang jauh,kemudian tidak cepat busuk,rangka tulang kuat sehingga tidak mudah lepas dari pancing bila tidak disambar ikan, mempunyai bau yang cukup tajam dan merangsang serta disukai oleh ikan yang dipancing, tersedia dalam jumlah yang besar,dan murah harganya. Ikan bandeng, ikan kembung, ikan layang dan cumi-cumi merupakan jenis umpan yang banyak digunakan.

5. Perlengkapan lainnya

Perlengkapan lainnya yang dimaksud adalah alat-alat yang dipergunakan untuk mempermudah dan mememperlancar kegiatan operasi penangkapan diakapl antara lain adalah radar, RDF, line hauler, marline spike, catut potong, ganco, sikat baja, jarum pembunuh, pisau, dan lain-lain. Tekhnik operasi penangkapan Setelah semua persiapan telah dilakukan dan telah tiba di fishing ground yang telah ditentukan . setting diawali dengan penurunan pelampung bendera dan penebaran tali utama, selanjutnya dengan penebaran pancing yang telah dipasangi umpan.rata-rata waktu yang dipergunakan untuk melepas pancing 0,6 menit/ pancing.pelepasan pancing dilakukan menurut garis yang menyerong atau tegak lurus terhadap arus.waktu melepas pancing biasanya wktu tengah malam,sehingga pancing telah terpasang waktu pagi saat ikan sedang giat mencari mangsa. Akan tetapi, penggoperasian pada siang hari dapat pula dilakukan. Penarikan alat penangkap dilakukan setelah berada didalam air selama 3-6 jam. Penarikan dilakukan dengan menggunakan line hauler yang diatur kecepatannya. Masing-masing anak buah kapal telah mengetahui tugasnya sehingga alat penangkap dapat diatur dengan rapi.lamanya penarikan alat penangkap sangat ditentukan oleh banyakny hasil tangkapan dan faktor cuaca. Penarikan biasanya memakan waktu 3 menit / pancing.perusahaan perikanan samudra bedar di bali melakukan hauling sekitar 9-11 jam. Selanjutnya dilakukan penanganan hasil tangkapan dan persiapan operasi selanjutnya. untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada tampilan slide berikut:

sebelum nya install flash player untuk menjalankan file ini, dapat didownload pada: http://www.adobe.com/shockwave/download/download.cgi?1_Prod_Version=ShockwaveFlash

Baca Selengkapnya ya...


gif maker
Ingin tukar link banner diatas silahkan copy code berikut ini :



Jika Anda ingin berdonasi silahkan klik dibawah ini :

100 Blog Indonesia Terbaik
Galuh Technologies Web Hosting - Registrasi Domain - Web Desain

Followers

Ikutlah bergabung disini :

Program Affiliate



Masukkan Code ini K1-BC97EB-5
untuk berbelanja di KutuKutuBuku.com


Produk SMART Telecom

Blog Archive

Recent post

 

Copyright © 2009 by Laut biruku