Kamis, 09 Oktober 2008

Perlengkapan Dek (Deck Equipment) Purse Seiner

Perlengkapan Dek (Deck Equipment)

  1. Gardan
    Gardan adalah alat yang digunakan untuk menarik tali kerut, yang dipasang di sisi kanan dan kiri kapal. Alat ini digerakan dengan menggunakan mesin pengerak utama (main engine). Selain itu dapat pula dipergunakan untuk menarik tali jangkar kapal.
  2. Tiang (Boom)
    Tiang dipasang di sisi kiri dan kanan kapal yang digunakan untuk mengikat tali ris atas pada saat hauling, masing-masing 2 buah. Tiang sebelah kanan untuk mengikat tali ris atas sehingga pelampung berada di atas air dengan demikian ikan tidak dapat melompat keluar jaring. Tiang ini biasanya dipergunakan pada kapal tradisionil yang penarikan jaringnya tidak memakai power block.
    Sedangkan kapal modern yang menggunakan power blok biasanya menggunakan tiang di tenggah-tenggah kapal bagian buritan dimana pada tiang tersebut dipasang power blok yang gunanya untuk menarik jaring. Selain itu dipasang tiang dewi-dewi yang berguna untuk mengantung cincin pada saat hauling.
  3. Power Block
    Power blok adalah kerekan yang dapat berputar sendiri dengan menggunakan tenaga hidrolik. Alat ini dapat berputar maju atau mundur, gunanya untuk menarik badan jaring.
  4. Roller
    Roller dipasang di lambung kapal gunanya untuk lewat tali kerut sehingga tali tersebut tidak bergesekan dengan lambung dan mudah untuk ditarik.

    Gambar. Perlengkapan penangkapan ikan dengan alat tangkap jaring lingkar

    Keterangan gambar :
    A,B,C,D, dan E Palkah H. Tempat menyiapkan jaring
    F1. Mesin Pengerak utama I. Air tawar
    F2. Generator J. Kompor
    G. Gardan L. Daun kemudi, M. Propeler

    Gambar: Kapal jaring lingkar (tradisionil)

    Gambar. Kapal jaring lingkar modern

    Gambar. Kapal jaring lingkar untuk menangkap ikan pelagis besar

Baca Selengkapnya ya...

Bahan jaring lingkar dengan tali kerut

Bahan Jaring Lingkar dengan Tali Kerut

  1. Jaring utama
    Bahan yang digunakan untuk membuat jaring lingkar dengan tali kerut terdiri dari berbagai macam bahan tergantung dari bagian-bagian jaring tersebut. Bahan jaring utama jaring lingkar biasanya dibuat dari benang nylon (PA), selvedge dibuat dari Polyetheline (PE) dan pada umumnya memiliki ukuran mata jaring dan benang yang tidak sama. Pada bagian sayap ukuran mata jaring relatif lebih besar dibandingkan dengan badan jaring, sedangkan pada bagian kantong biasa memiliki ukuran benang yang relatif lebih besar kadang-kadang ukuran mata jaringnya sedikit lebih kecil.
  2. Tali Ris Atas
    Tali ris atas merupakan tali yang digunakan untuk memasang jaring selvedge bagian atas dan pelampung, biasanya dibuat dari tali kuralon (PVA) dan kadang-kadang dari bahan polyetheline (PE). cara pemasangan tali ris atas dapat terlihat seperti gambar berikut:


  3. Tali Ris Bawah
    Tali ris bawah merupakan tali yang digunakan untuk memasang jaring selvedge bagian bawah dan pemberat serta taling ring, biasanya dibuat dari tali kuralon (PVA) dan kadang-kadang dari bahan polyetheline (PE) cara pemasangan tali ris bawah dapat terlihat seperti gambar berikut:


  4. Tali Ring
    Tali ring merupakan tali yang digunakan untuk mengantungkan cincin pada tali ris bawah, bahanya sama dengan tali ris. Ada berbagai bentuk tali ris yaitu : kaki tungal, kaki ganda dan dasi. Gambar.

    Tali ring (1. tunggal, 2. ganda, dan 3. dasi)

  5. Ring
    Cincin biasanya dibuat dari besi/baja/kuningan dengan diameter lingkaran cincin 10 cm. Cincin ini merupakan tempat untuk lewatnya tali kerut (purse line)
  6. Tali Kerut (purse line)
    tali ini digunakan untuk mengkerutkan jaring lingkar pada bagian bawah, bahanya biasanya dibuat sama seperti tali ris.

  7. Pelampung
    Pelampung jaring lingkar biasanya dibuat dari bahan sintetis dan berbentuk oval pada umumnya ukuranya biasanya disesuaikan jenis jaring lingkar yang digunakan. Pelampung harus memiliki daya apung yang tinggi sebab untuk menahan jaring dan perlengkapanya ditambah ikan hasil tangkapan supaya tetap mengapung.
  8. Pemberat
    Pemberat jaring lingkar biasanya dibuat dari bahan timah dan berbentuk oval pada umumnya ukuran dan beratnya disesuaikan jenis jaring lingkar yang digunakan. Pemberat ini berfungsi untuk mempercepat jaring turun, sehingga ikan yang dikurung tidak meloloskan diri ke bawah.
Baca Selengkapnya ya...

Disain Purse Seine

Disain Jaring Lingkar dengan Tali Kerut


Disain jaring lingkar dengan tali kerut harus dibuat sejelas mungkin sehingga alat tangkap dapat dibuat dengan mudah. seperti terlihat pada gambar berikut:



Baca Selengkapnya ya...


gif maker
Ingin tukar link banner diatas silahkan copy code berikut ini :



Jika Anda ingin berdonasi silahkan klik dibawah ini :

100 Blog Indonesia Terbaik
Galuh Technologies Web Hosting - Registrasi Domain - Web Desain

Followers

Ikutlah bergabung disini :

Program Affiliate



Masukkan Code ini K1-BC97EB-5
untuk berbelanja di KutuKutuBuku.com


Produk SMART Telecom

Blog Archive

Recent post

 

Copyright © 2009 by Laut biruku