Kamis, 09 Oktober 2008

Bahan jaring lingkar dengan tali kerut

Bahan Jaring Lingkar dengan Tali Kerut

  1. Jaring utama
    Bahan yang digunakan untuk membuat jaring lingkar dengan tali kerut terdiri dari berbagai macam bahan tergantung dari bagian-bagian jaring tersebut. Bahan jaring utama jaring lingkar biasanya dibuat dari benang nylon (PA), selvedge dibuat dari Polyetheline (PE) dan pada umumnya memiliki ukuran mata jaring dan benang yang tidak sama. Pada bagian sayap ukuran mata jaring relatif lebih besar dibandingkan dengan badan jaring, sedangkan pada bagian kantong biasa memiliki ukuran benang yang relatif lebih besar kadang-kadang ukuran mata jaringnya sedikit lebih kecil.
  2. Tali Ris Atas
    Tali ris atas merupakan tali yang digunakan untuk memasang jaring selvedge bagian atas dan pelampung, biasanya dibuat dari tali kuralon (PVA) dan kadang-kadang dari bahan polyetheline (PE). cara pemasangan tali ris atas dapat terlihat seperti gambar berikut:


  3. Tali Ris Bawah
    Tali ris bawah merupakan tali yang digunakan untuk memasang jaring selvedge bagian bawah dan pemberat serta taling ring, biasanya dibuat dari tali kuralon (PVA) dan kadang-kadang dari bahan polyetheline (PE) cara pemasangan tali ris bawah dapat terlihat seperti gambar berikut:


  4. Tali Ring
    Tali ring merupakan tali yang digunakan untuk mengantungkan cincin pada tali ris bawah, bahanya sama dengan tali ris. Ada berbagai bentuk tali ris yaitu : kaki tungal, kaki ganda dan dasi. Gambar.

    Tali ring (1. tunggal, 2. ganda, dan 3. dasi)

  5. Ring
    Cincin biasanya dibuat dari besi/baja/kuningan dengan diameter lingkaran cincin 10 cm. Cincin ini merupakan tempat untuk lewatnya tali kerut (purse line)
  6. Tali Kerut (purse line)
    tali ini digunakan untuk mengkerutkan jaring lingkar pada bagian bawah, bahanya biasanya dibuat sama seperti tali ris.

  7. Pelampung
    Pelampung jaring lingkar biasanya dibuat dari bahan sintetis dan berbentuk oval pada umumnya ukuranya biasanya disesuaikan jenis jaring lingkar yang digunakan. Pelampung harus memiliki daya apung yang tinggi sebab untuk menahan jaring dan perlengkapanya ditambah ikan hasil tangkapan supaya tetap mengapung.
  8. Pemberat
    Pemberat jaring lingkar biasanya dibuat dari bahan timah dan berbentuk oval pada umumnya ukuran dan beratnya disesuaikan jenis jaring lingkar yang digunakan. Pemberat ini berfungsi untuk mempercepat jaring turun, sehingga ikan yang dikurung tidak meloloskan diri ke bawah.

Artikel yang terkait :



Comments :

0 komentar to “Bahan jaring lingkar dengan tali kerut”

Posting Komentar

Blog Archive

Recent post

 

Copyright © 2009 by Laut biruku