Kamis, 09 Oktober 2008

Perlengkapan Dek (Deck Equipment) Purse Seiner

Perlengkapan Dek (Deck Equipment)

  1. Gardan
    Gardan adalah alat yang digunakan untuk menarik tali kerut, yang dipasang di sisi kanan dan kiri kapal. Alat ini digerakan dengan menggunakan mesin pengerak utama (main engine). Selain itu dapat pula dipergunakan untuk menarik tali jangkar kapal.
  2. Tiang (Boom)
    Tiang dipasang di sisi kiri dan kanan kapal yang digunakan untuk mengikat tali ris atas pada saat hauling, masing-masing 2 buah. Tiang sebelah kanan untuk mengikat tali ris atas sehingga pelampung berada di atas air dengan demikian ikan tidak dapat melompat keluar jaring. Tiang ini biasanya dipergunakan pada kapal tradisionil yang penarikan jaringnya tidak memakai power block.
    Sedangkan kapal modern yang menggunakan power blok biasanya menggunakan tiang di tenggah-tenggah kapal bagian buritan dimana pada tiang tersebut dipasang power blok yang gunanya untuk menarik jaring. Selain itu dipasang tiang dewi-dewi yang berguna untuk mengantung cincin pada saat hauling.
  3. Power Block
    Power blok adalah kerekan yang dapat berputar sendiri dengan menggunakan tenaga hidrolik. Alat ini dapat berputar maju atau mundur, gunanya untuk menarik badan jaring.
  4. Roller
    Roller dipasang di lambung kapal gunanya untuk lewat tali kerut sehingga tali tersebut tidak bergesekan dengan lambung dan mudah untuk ditarik.

    Gambar. Perlengkapan penangkapan ikan dengan alat tangkap jaring lingkar

    Keterangan gambar :
    A,B,C,D, dan E Palkah H. Tempat menyiapkan jaring
    F1. Mesin Pengerak utama I. Air tawar
    F2. Generator J. Kompor
    G. Gardan L. Daun kemudi, M. Propeler

    Gambar: Kapal jaring lingkar (tradisionil)

    Gambar. Kapal jaring lingkar modern

    Gambar. Kapal jaring lingkar untuk menangkap ikan pelagis besar

Artikel yang terkait :



Comments :

1
goooooood girl mengatakan...
on 

Good good good......

Posting Komentar

Blog Archive

Recent post

 

Copyright © 2009 by Laut biruku