Jumat, 10 Oktober 2008

Alat bantu penangkapan ikan pada purse seine

ALAT BANTU PENANGKAPAN


Rumpon
Rumpon adalah bantu penangkapan yang dimasukan ke dalam laut, digunakan untuk memikat ikan-ikan supaya berkumpul, sehingga mudah untuk ditangkap. Rumpon atau biasa disebut ”fish aggregating divice (FAD)”, telah banyak digunakan untuk memikat ikan pelagis supaya bergerombol di dekat permukaan sehingga mudah dilingkari dengan alat tangkap purse seine. Dengan alat ini dapat mempermudah untuk menentukan daerah penangkapan, sehingga waktu yang terbuang pada saat mencari kawanan ikan relatif pendek.
Rumpon dapat dibagi menjadi : rumpon laut dangkal dan rumpon laut dalam. Rumpon laut dangkal biasanya dipasang pada kedalaman laut kurang dari 100 m, dan rumpon laut dalam dipasang pada kedalaman laut lebih dalam dari 100 m.
Pemilihan tempat pemasangan rumpon harus memiliki kriteria sebagai berikut :

1. Merupakan daerah lintasan migrasi ikan yang menjadi tujuan penangkapan
2. Tidak menggangu alur pelayaran atau di daerah yang dilarang memasang rumpon 3. Mudah untuk mencari dan mencapainya

4. Relatif dekat dengan pangkalan kapal

5. Dasar perairan relatif datar

Berikut ini adalah gambar-gambar rumpon yang digunakan di berbagai daerah ataupun negara.











Lampu
Cahaya yang dihasilkan dari lampu (listrik, minyak tanah) dipergunakan untuk menarik ikan-ikan yang memiliki sifat fototaxis positif (tertarik oleh cahaya) sehingga berkumpul disekitar lampu. Lampu biasanya dipasang di atas rumpon atau pada kapal yang lego jangkar di dekat rumpon, sehingga ikan berkumpul di daerah tersebut.
Pada saat ini lampu tersebut dihasilkan oleh generator dengan kekuatan ribuan watt, biasanya dalam satu kapal dipasang lampu merkuri (galaksi) dengan kekuatan masing-masing 1000 watt sebanyak antara 20 – 30 buah. Sedangkan lampu yang dipasang pada rumpon terdiri dari 8 – 12 buah lampu petromak atau dapat diganti dengan lampu aki dengan kekuatan 20 watt/buahnya.

Artikel yang terkait :



Comments :

0 komentar to “Alat bantu penangkapan ikan pada purse seine”

Posting Komentar

Blog Archive

Recent post

 

Copyright © 2009 by Laut biruku